Put your keyword here ... ex.: finance, secretary, geologist, welder

Aug 28, 2013

Lowongan Pertamina (Persero) Agustus 2013

Analyst Corporate & Portofolio Risk - Enterprise Risk Management ( PIMERM1303 )
Job Description
- Menyusun konsep strategi dan kebijakan semua aspek risiko secara
portofolio, investasi dan pengembangan bisnis aset non operasi (baik
hulu maupun hilir serta anak perusahaan dan afilisasinya) serta risiko
perubahan regulasi dan compliance.
- Menemukenali dan menguraikan risiko secara portofolio, investasi dan
pengembangan bisnis aset non operasi (baik hulu maupun hilir serta
anak perusahaan dan afilisasinya) serta risiko perubahan regulasi dan
compliance yang melekat pada setiap aktivitas berdasarkan lingkup
pengelolaan risiko yang telah ditentukan pada tahap sebelumnya.
- Melakukan kajian mengenai kesesuaian risiko perusahaan terhadap risk
appetite dan risk tolerance perusahaan.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Teknik/Hukum/MIPA/Keuangan

Kompetensi:
- Memahami proses bisnis hulu - hilir migas.
- Memiliki pengetahuan tentang portofolio usaha/bisnis.
- Memahami proses dan mekanisme pengusulan investasi.
- Memiliki pengetahuan tentang project management
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan
maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang perencanaan bisnis,
manajemen resiko, hukum bisnis, portofolio & investasi

Analyst Downstream Operational Risk - Enterprise Risk Management ( PIMERM1302 )
Job Description
- Merencanakan konsep kebijakan penanganan risiko stand alone dan
portofolio yang mencakup kegiatan operasional (on-going business),
investasi dan kehandalan aset di Direktorat Hilir, Anak Perusahaan
Hilir dan afiliasinya.
- Menemukenali dan menguraikan risiko stand alone dan portofolio yang
mencakup kegiatan operasional (on-going business), investasi dan
kehandalan aset di Direktorat Hilir, Anak Perusahaan Hilir dan
afiliasinya berdasarkan lingkup pengelolaan risiko yang telah
ditentukan pada tahap sebelumnya.
- Melakukan kajian mengenai kesesuaian risiko perusahaan terhadap risk
appetite dan risk tolerance perusahaan.
- Menyiapkan dan menyampaikan laporan profil risiko yang meliputi
kemungkinan dan analisa faktor penyebab serta ketidakpastian yang
disebabkan oleh risiko.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Teknik/Hukum/MIPA/Keuangan

Kompetensi:
- Memahami proses bisnis hilir migas.
- Memiliki pengetahuan tentang portofolio usaha/bisnis.
- Memahami proses dan mekanisme pengusulan investasi.
- Memahami project management
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan
maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang operasi hulu migas,
pelaksanaan proyek-proyek, portofolio & investasi

Analyst DSA Ventures Commercial Evaluation - Upstream Business
Development ( PIMUBD1317 )
Job Description
Melakukan analisa peluang pengembangan usaha hulu sebagai langkah
untuk mendapatkan Resources baru dan Production Assets (Resources
Growth, Lengthen the R/P & Increasing Production). Kegiatan meliputi
evaluasi techno-commercial termasuk aspek bisnis, financial serta risk
assessment pada wilayah Domestic,SEA & Australia, sebagai dasar untuk
melakukan akuisisi asset-aset eksplorasi, development dan produksi
serta asset lain terkait yang menunjang pengembangan usaha hulu
Perusahaan

Job Requirement

Kemampuan & Kompetensi:
1. Mampu menganalisa pengembangan usaha hulu untuk mendapatkan
Resources baru, akuisisi aset dan Production Assets
2. Mampu melakukan analisa valuasi aset dengan memeprtimbangkan aspek
teknis komersil, bisnis, ekonomi, keuangan dan legal di wilayah
Domestic, SEA & Australia
3. Memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman implementasi di
bidang evaluasi keekonomian asset & penunjang kegiatan usaha hulu
4. Bahasa Inggris aktif baik lisan maupun tertulis, memiliki
Communication & Negotiation skill yang baik

Pengalaman :
- Minimal 5 tahun pengalaman di industri terkait hulu migas baik di
bidang operasi keteknikan maupun bisnis komersil

Analyst Financial & Business Risk - Enterprise Risk Management ( PIMERM1304 )
Job Description
- Melakukan risk identification, risk assessment, dan risk treatment,
serta monitoring terhadap tindak lanjutnya.
- Membuat pedoman untuk menilai risiko finansial dan bisnis.
- Memeriksa dan monitoring pelaksanaan mitigasi risiko, yang meliputi
pendokumentasian risiko yang berada di dalam risk register, melakukan
prioritas untuk risiko yang mendesak.
- Melakukan kajian tingkat kesesuaian proyek dengan target Perusahaan
sebagaimana tertuang dalam RKAP dan RJPP.
- Melakukan perhitungan teknis dan perhitungan ekonomi untuk mendalami
probabilitas risiko seperti kompetisi, perubahan kebijakan dan
peraturan, diversifikasi, penawaran dan permintaan, siklus produk,
harga komoditas, valuta asing, opportunity cost, biaya modal, dll.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Keuangan/Hukum/Teknik/MIPA

Kompetensi:
- Memiliki pengetahuan mengenai identifikasi risiko, penilaian risiko,
strategi mitigasi risiko, metode, dan prosesnya.
- Memiliki pemahaman dalam hal statistical analysis.
- Memiliki kemampuan dalam analisa atas laporan keuangan.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan
maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang perencanaan bisnis,
manajemen resiko, hukum bisnis, portofolio & investasi

Analyst Marketing & Trading Insurance - Financial Risk & Insurance (
FINFRI1302 )
Job Description
- Melakukan analisan dan evaluasi kebutuhan jaminan/risiko terhadap
property kilang/aktivitas/kepentingan yang akan diasuransikan kepada
hasil valuation survey, perhitungan Estimate Maximum Loss (EML) dan
risk survey
- Melakukan analisa dan kajian kondisi pasar asuransi non marine
- Mendata dan melakukan konsolidasi semua property
kilang/aktivitas/kepentingan yang akan diasuransikan dari fungsi
Marketing & Trading
- Melaksanakan pengadaan/penutupan asuransi
- Melakukan analisa dan evaluasi terhadap polis asuransi non marine,
melakukan proses pembayaran premi, mengalokasi beban biaya premi dan
melaksanakan proses penerimaan klaim asuransi.
- Melaksanakan klaim asuransi, monitoring proses klaim termasuk
melakukan konsolidasi dengan institusi external.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Ekonomi

Kompetensi:
- Memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai risk management
- Memiliki pengetahuan dasar, prinsip dan program asuransi (Basic Insurance)
- Memiliki pengetahuan mekanisme pasar asuransi, proses penempatan
risiko (risk placing), terms & conditions dan proses klaim asuransi
- Memiliki pengetahuan terms & conditions asuransi property, third
party liability, D&Oliability, project insurance.
- Memiliki pengetahuan tentang pengadaan barang
- Memiliki pengetahuan tentang sistem MySAP, GRC, Insurance
Management, Sistem Project Insurance

Analyst Policy, Compliance & Legal Risk - Enterprise Risk Management (
PIMERM1305 )
Job Description
- Mengidentifikasi faktor-faktor risiko umum dalam risiko kebijakan,
peraturan, dan risiko sebagai dampak dari kegiatan operasional,
investasi (misalnya M & A, Anak Perusahaan / Joint Venture),
pendanaan, transaksi, dan proyek ad-hoc dengan mereview aturan hukum,
kontrak internal dan eksternal, referensi, kebijakan, dan peraturan.
- Mengawasi risiko seluruh Perusahaan dan memetakan risiko serta
pemilik risiko (risk owner).
- Menilai potensi atas tingkat keparahan / dampak komersil / dampak
hukum sebagai akibat dari kerugian.
- Menyiapkan dan menyampaikan laporan profil risiko, yang meliputi
probabilitas dan analisa faktor penyebab, serta ketidakpastian yang
disebabkan oleh risiko.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Hukum/Keuangan/Teknik

Kompetensi:
- Memiliki pengetahuan mengenai hukum negara yang spesifik, ketentuan
perundang-undangan, prosedur pengadilan, panduan, Peraturan
Pemerintah, aturan-aturan dari badan pemerintah, kontrak, kebijakan
internal dan eksternal.
- Memiliki kemampuan untuk merancang dan menyusun langkah penenerapan
aturan & kebijakan dengan baik.
- Memiliki pengetahuan mengenai identifikasi risiko, penilaian risiko,
strategi mitigasi risiko, metode, dan prosesnya.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan
maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang perencanaan bisnis,
manajemen resiko, hukum bisnis, portofolio & investasi

Analyst Project Appraisal - Upstream Business Development ( PIMUBD1316 )
Job Description
1. Menuangkan arah strategi pengembangan usaha hulu dlm bentuk Rencana
Jangka Panjang Fungsi Upstream Business Development (UBD) yg
berkesinambungan & dlm bentuk Rencana Kerja & Anggaran (RKAP) Fungsi
UBD utk periode tahunan, berkoordinasi dgn seluruh fungsi di UBD
terutama Fungsi Business Initiatives yg akan memantau pelaksanaan RKAP
secara berkala.
2. Menyusun & menentukan prosedur serta tata cara pengembangan usaha
hulu melalui Sistem & Tata Kerja (STK) Pengembangan Usaha Hulu yg
accountable, sesuai dgn aturan internal perusahaan, Good Corporate
Governance, serta Code of Conduct yg berlaku.
3. Melakukan & mengarahkan valuasi opportunity bisnis & project bisnis
utk mencapai sasaran & target-target UBD yg telah ditetapkan dlm
rencana kerja tahunan & rencana kerja jangka panjang.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Management/Teknik/Ekonomi/Legal/Sospol

Kemampuan & Kompetensi :
1. Memiliki pengetahuan dan wawasan dalam bidang analisa lingkungan usaha hulu.
2. Memiliki pengetahuan dalam bidang analisa data operasi dan kegiatan
usaha hulu.
3. Memiliki kemampuan analytical thinking yang tinggi
4. Memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik dan mampu
berkoordinasi/menjalin kerjasama yang efektif

Pengalaman :
- Minimal 3 tahun pengalaman di industri hulu migas atau
- Minimal 5 tahun pengalaman di bidang perencanaan atau
- Minimal 3 tahun pengalaman di bidang manajemen risiko

Persyaratan khusus :
- Mampu bekerja long office hours dan under pressure bila diperlukan
- Siap travellng

Analyst Upstream Operational Risk - Enterprise Risk Management ( PIMERM1301 )
Job Description
• Merencanakan konsep kebijakan penanganan risiko stand alone dan
portofolio yang mencakup kegiatan operasional (on-going business),
investasi dan kehandalan aset di direktorat hulu, Anak Perusahaan Hulu
dan afiliasi yang terkait dengan Direktorat Hulu.
• Menemukenali dan menguraikan risiko stand alone dan portofolio yang
mencakup kegiatan operasional (on-going business), investasi dan
kehandalan aset di Direktorat Hulu, Anak Perusahaan Hulu dan
afiliasinya
• Melakukan kajian mengenai kesesuaian risiko perusahaan terhadap risk
appetite dan risk tolerance perusahaan.
• Menyiapkan dan menyampaikan laporan profil risiko yang meliputi
kemungkinan dan analisa faktor penyebab serta ketidakpastian yang
disebabkan oleh risiko.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Teknik/Hukum/MIPA/Keuangan

Kompetensi:
- Memahami proses bisnis hulu migas.
- Memiliki pengetahuan tentang portofolio usaha/bisnis.
- Memahami proses dan mekanisme pengusulan investasi.
- Memahami project management
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan
maupun tulisan)

Pengalaman:
- Minimal 6 tahun pengalaman dalam bidang operasi hulu migas,
pelaksanaan proyek-proyek, portofolio & investasi

Asisstant Data Management - Upstream ( UPSGAF1304 )
Job Description:
1. Melakukan kegiatan koordinasi dengan fungsi-fungsi Direktorat Hulu
dan Anak Perusahaan Hulu dalam rangka mendapatkan data-data di
lingkungan Direktorat Hulu dan Anak Perusahaan Hulu.
2. Melakukan kelola data-data Direktorat Hulu dan Anak Perusahaan Hulu
untuk layak diberikan pada fungsi terkait di Korporat, Direktorat
lain, komisaris, lembaga instansi pemerintah dan
perusahaan/badan/institusi lainnya, serta perusahaan migas dalam dan
luar negeri.

Job Requirement

Pendidikan:
- Minimal S1Teknik/Ekonomi/ Manajemen/ Human Relation

Pengalaman:
- 5 tahun pengalaman relevan

Asisstant External Business Relation - Upstream ( UPSGAF1305 )
Job Description
1. Menyelenggarakan kerja sama dalam hal Public Relation dengan fungsi
terkait diluar Direktorat Hulu, Sekretaris Perseroan Korporat & Sekper
Anak Perusahaan Hulu terkait hal-hal seperti penyiapan materi pameran,
press release, Rapat dengar pendapat DPR RI dan program terkait di
Departemen / Pemerintah. Selain itu dengan Perusahaan Migas dalam dan
luar negeri, termasuk sebagai sekretaris ASCOPE for Indonesia.
2. Menyiapkan masukan mengenai strategi "komunikasi strategis"
Direktorat Hulu untuk konsumsi publik.
3. Menyusun materi yang diperlukan dalam rangka komunikasi dengan
Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) baik mencakup Anak-anak
Perusahaan Hulu

Job Requirement

Pendidikan:
- Minimal S1 Teknik/Ekonomi/Manajemen/Human Relation

Pengalaman Kerja:
- 5 tahun pengalaman relevan


Assistant Business Information - Upstream ( UPSGAF1303 )
Job Description
1. Melakukan kegiatan koordinasi dengan fungsi-fungsi Direktorat Hulu dan Anak Perusahaan Hulu dalam rangka mendapatkan informasi bisnis Perusahaan.
2. Melakukan kelola data/informasi Direktorat Hulu dan Anak Perusahaan Hulu untuk layak diberikan pada fungsi terkait di Korporat, Direktorat lain, komisaris, lembaga instansi pemerintah dan perusahaan/badan/institusi lainnya, serta perusahaan migas dalam dan luar negeri.

Job Requirement

Pendidikan :
- Minimal S1 Teknik Industri/Ekonomi Manajemen / Human Relation/Komunikasi

Kemampuan dan Kompetensi :
1. Penguasaan aspek bisnis hulu perminyakan
2. Penguasaan sistem komunikasi data elektronik
3. Penguasaan bidang strategi dan pola komunikasi
4. Memiliki wawasan dan pola pikir yang komprehensif dan visioner, kemampuan analytic thinker dan problem solver yang baik
5. Memiliki Communication skill, networking, team work, interpersonal skill & personal Integrity yang baik
6. Bahasa Inggris aktif baik lisan maupun tertulis

Assistant Manager Public Relation - Upstream ( UPSGAF1301 )
Job Description
1. Menyelenggarakan hubungan komunikasi dengan Direktorat lain, Komisaris, Lembaga, Instansi Pemerintah dan Perusahaan/Badan/Institusi lainnya dan perusahaan/badan/institusi lainnya serta Perusahaan migas Dalam dan Luar negeri termasuk sekretaris ASCOPE for Indonesia.
2. Melakukan pengumpulan data-data Direktorat Hulu untuk release kepada publik ataupun lembaga, termasuk untuk materi dan penerbitan Media Korporat dan Direktorat Hulu serta materi presentasi ataupun data-data pendukung Direktur Hulu, melalui kerja sama dengan fungsi terkait di Direktorat Hulu, Sekretaris Perseroan Korporat & Sekretaris Perusahaan (Sekper) Anak Perusahaan Hulu terkait hal-hal seperti penyiapan materi pameran, press release, Rapat dengar pendapat DPR RI dan program terkait di Departemen/Pemerintah

Job Requirement

Pendidikan :
- Minimal S1 Teknik Industri/Ekonomi Manajemen/Human Relation/Komunikasi

Kemampuan & Kompetensi :
1. Penguasaan aspek bisnis hulu perminyakan
2. Penguasaan sistem komunikasi data elektronik
3. Penguasaan bidang strategi dan pola komunikasi
4. Memiliki wawasan dan pola pikir yang komprehensif dan visioner, kemampuan analytic thinker dan problem solver yang baik
5. Memiliki Leadership,Communication skill, networking, interpersonal skill yang baik
6. Bahasa Inggris aktif baik lisan maupun tertulis

Pengalaman :
- Minimal 5 tahun pengalaman kerja yang relevan

Auditor - Internal Audit ( SPIAUD1309 )
Job Description
1. Melaksanakan dan mengevaluasi implementasi Norma/Kode Etik Internal Auditor dan International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (IPPF) pada kegiatan assessment, audit dan konsultansi dengan menggunakaan formulir-formulir standar pada setiap penugasan, guna menjamin standar kualitas hasil kerja yang ditetapkan.
2. Menyusun Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT), dan melaksanakan PKPT sesuai penugasan assessment, audit dan konsultansi.
3. Mengevaluasi dan melaksanakan implementasi kebijakan assessment internal control, risk management, HSE dan GCG;
4. Melaksanakan dan mengevaluasi proses penyiapan, pengolahan data dan informasi hasil assessment, audit dan konsultansi sesuai penugasan dan monitoring realisasi tindak lanjutnya.

Job Requirement

Pendidikan:
- Minimal S1 Teknik Perminyakan, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro(Instrument/Listik)

Kemampuan & Kompetensi :
1. Mampu melaksanakan pemeriksaan (audit) secara profesional.
2. Menguasai norma, kode etik dan teknik & prosedur audit.
3. Mampu berkomunikasi secara baik dan lancar (komunikatif)

Pengalaman :
- Minimal 5 tahun sebagai Auditor
- Diutamakan yang berpengalaman di bidang Migas dan di Project-project
- Diutamakan yang memiliki Sertifikat Sebagai Auditor.

Junior Auditor - Internal Audit ( SPIJAU1310 )
Job Description
- Melaksanakan implementasi Piagam Audit, Kode Etik Internal Auditor, Norma Internal Audit dan International Standars for Professional Practice of Internal Auditing (Standards) pada setiap proses assessment, audit dan konsultansi meliputi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan tindak lanjut hasil audit.
- Melaksanakan PKTP sesuai dengan penugasan assessment, audit dan konsultansi sehingga pelaksanaan tugas dapat tercapai sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan.
- Melaksanakan implementasi metodologi kebijakan assessment internal control, risk management dan kehandalan HSE dan GCG serta program lainnya sehingga dapat menjamin tercapainya standard kualitas hasil kerja yang telah ditetapkan.

Job Requirement

Pendidikan:
- S1 Ekonomi/Sosial/Hukum/Teknik

Kompetensi:
- Memahami proses audit
- Memiliki kemampuan untuk melakukan audit.
- Memahami project management
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan baik (aktif baik lisan maupun tulisan)

Pengalaman:
- 3-5 tahun pengalaman dalam bidang audit, kegiatan operasi migas, quality control/quality assurance, manajemen risiko

Senior Analyst Industrial Relation - Strategic HR ( HRDSHR1305 )
Job Description
- Menyusun ketentuan di Kantor Pusat atas kebijakan, pedoman, TKO dan ketentuan lain yang dibuat oleh Korporat untuk digunakan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan IR
- Melaksanakan koordinasi dengan instansi Pemerintah yang terkait dalam rangka memperlancar penyelesaian kasus/ permasalahan IR di Perusahaan.
- Melaksanakan pedoman/ketentuan yang ditetapkan oleh Korporat mengenai pembinaan hubungan antara Perusahaan dengan Serikat Pekerja.
- Mengevaluasi & rnensurvey realisasi tingkat keberhasilan dan efektivitas penyelesaian perselisihan hubungan industrial/ketenagakerjaan Perusahaan
- Menyusun, mensosialisasikan dan mengawasi ketentuan pelaksanaan atas kebijakan, pedoman, TKO (Tata Kerja Organisasi), dan ketentuan lain yang berkaitan dengan masalah ke SDM-an

Job Requirement

Pendidikan:
- Sarjana (S1) Human Resources Management/Hukum/Bidang Sosial

Kompetensi:
- Memiliki pengetahuan tentang Industrial Relation Policies dan Industrial Relations Operations
- Memiliki pengalaman atau pernah/ telah mengikuti kursus/ pelatihan tentang Strategic Planning, Manajemen Sumber Daya Manusia, Hubungan Industrial, Soft & Hard Competencies, Compensation & Benefit System (Remuneration), Performance Management/Appraisal System, HSE Management, Industrial Relations Specialist Programme.
- Pelatihan/ Sertifikat Keahlian di bidang: Hubungan Industrial Management, Management Keuangan, & Total Quality Management

Pengalaman:
- Minimal 5 tahun menangani Organization Development dan Industrial Relation.

Please submit your application letter and resume to our official
website : http://recruitment.pertamina.com

PT PERTAMINA (PERSERO) sama sekali tidak memungut biaya apapun dalam
proses rekrutmen ini. Apabila ada oknum yang mengatasnamakan Pertamina
dan menjanjikan sesuatu dengan imbalan tertentu, harap melaporkan
kepada Contact Pertamina di telepon 500-000 atau email:
pcc@pertamina.com